2 Hal yang harus dihindari ketika memakai bedak pada si kecil

Seketika dapat terlihat perbedaan yang signifikan perihal perlakuan Ibu kepada si kecil. Kita bia bandingkan masalah perawatan kulit tubuh bayi jaman dulu dan jaman sekarang, kalau jaman dulu untuk masalah pemeliharaan kulit tubuh bayi cukup dengan minyak kelapa asli dan hanya diberi selimut kecil untuk kehangatan tubuhnya dan juga kesehatan kulit si kecil. Akan tetapi, untuk jaman sekarang Ibu sering menggunakan bedak sebagai perawatan kulit yang lembut pada si kecil, selain untuk merawat kulitnya juga untuk memberikan kenyamanan dan kehangatan pada tubuh bayi. Pemakaian bedak untuk saat ini menuai pro dan kontra, selain Ibu ingin suapaya bayinya terhindar dari iritasi kulit juga demi kehangatannya, tetapi dari pihak dokter anak justru menyarankan hal yang berbeda yaitu untuk bisa menghindari pemakaian bedak pada bayi, dikarenakan dapat menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan saluran pernafasannya. Dengan keteguhan Ibu selalu memberikan bedak, harus juga memperhatikan merk bedak bayi yang aman untuk digunakan, sehingga dapat mengurangi resiko berbahaya terhadap kesehatan si kecil.

Berikut akan kami paparkan tentang apa sajakah yang harus dihindari ketika anda memberikan bedak pada tubuh si kecil, itu semua atas dasar perlakuan yang baik tanpa mengesampingkan saran dokter.

  1. Memakai bedak terlalu tebal

Bedak pada dasarnya sebagai fungsi menyerap keringat di tubuh, akan tetapi jika pemakaian bedak terlalu tebal dihawatirkan akan beresiko menggumpalnya bedak pada tubuh akibat keringat, dimana nantinya akan menjadi jamur dan membuat iritasi pada kulit. Lakukan pemakain bedak pada bayi dengan cukup usapkan tipis-tipis saja, supaya dapat menghindari dari lecet yang diakibatkan gesekan pada kulit si kecil.

  1. Hindari bedak pada kulit yang terluka

Bedak pada bayi berfungsi sebagai pelindung lapisan kulit bayi dan juga untuk menyerap keringat, bukan berarti dapat dipakai disembarang bagian tubuh dan kondisi apapun. Tidak boleh diberikan pada kulit bayi yang luka, karena beresiko adanya reaksi granuloma atau peradangan kulit.

Dua hal tersebut bisa menjadi salah satu kehati-hatian Ibu untuk si kecil, tetapi bukan berarti Ibu sembarangan memakai bedak, tetap saja Ibu harus menggunakan bedak dengan melihat merk bedak bayi yang aman untuk si kecil. Beli juga susu anak 1 tahun dari merk yang terpercaya di apotik terdekat.

Sharing is caring!

shares