5 Keuntungan Jika Membeli Rumah Melalui Sistem House Loan

Sudah menjadi rahasia umum jika harga properti semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan hanya dalam waktu beberapa tahun saja, harga yang dipatok pun bisa berkali-kali lipat lebih mahal. Hal ini disebabkan karena jumlah penduduk yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lahan yang memadai. Akibatnya, jumlah lahan menjadi semakin terbatas sehingga harga tanah dan rumah pun semakin melambung dari tahun ke tahun.

Fenomena ini bisa terlihat mengerikan bagi orang yang ingin memiliki rumah namun tidak memiliki cukup biaya untuk membelinya. Tentu ini menjadi masalah yang sulit. Di satu sisi jika ia tidak segera membeli lahan dan properti, maka harganya akan lebih mahal ke depannya namun di lain sisi uang yang ia miliki tidak mampu untuk membeli sebuah rumah. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, Anda bisa mengajukan yang namanya house loan atau yang lebih dikenal dengan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Berikut beberapa keuntungan memiliki house loan yang perlu Anda ketahui.

Bisa Memiliki Rumah Tanpa Menunggu Uang Terkumpul

Dengan kredit kepemilikan rumah, Anda tidak perlu menunggu uang tabungan Anda terkumpul. Bisa jadi ketika uang tabungan terkumpul, harga rumah impian Anda sudah mengalami kenaikan sehingga Anda pun harus menabung lagi. Ketika membeli rumah dengan KPR, Anda hanya cukup membayar uang muka dan biaya administrasi lainnya. Ada beberapa bank yang memberikan fasilitas notaris dan ada yang mengharuskan Anda mengurusnya sendiri. Selanjutnya, Anda bisa mencicil sisa harga rumah setiap bulannya selama jangka waktu yang diperlukan. Anda pun bisa memiliki rumah tanpa menunggu lebih lama.

Pembelian Rumah melalui house Loan

Rasa Aman karena Sudah Memiliki Rumah

Anda pun akan merasa aman karena sudah bisa memiliki rumah. Anda tidak perlu lagi khawatir memikirkan harga rumah yang semakin melonjak setiap tahunnya karena Anda sudah membelinya saat ini juga. Oleh sebab itu, membeli rumah sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Jangan menyia-nyiakan kesempatan karena adalah hal yang mustahil jika harga properti mengalami penurunan, kecuali rumah tersebut rusak.

Bisa untuk Investasi Jangka Panjang

Membeli rumah dengan sistem KPR juga bisa menguntungkan Anda dari segi investasi. Setelah Anda melunasi harga rumah tersebut hingga akhir jangka waktu, kini Anda pun bisa menyewakannya. Membeli rumah tak harus untuk ditempati sendiri, bukan? Akan lebih menguntungkan jika Anda menyewakannya atau menjualnya kembali. Misalkan Anda membeli rumah seharga 300 juta rupiah dengan angsuran KPR selama 15 tahun. 15 tahun kemudian setelah angsuran lunas, harga jual rumah ini bisa berkali-kali lipat bahkan mungkin hingga 700 juta. Cukup menggiurkan, bukan? Tak heran jika investasi yang satu ini banyak dilirik masyarakat.

Jangka Waktu Panjang dengan Suku Bunga Kredit yang Rendah

Membeli rumah dengan sistem house loan biasanya memiliki jangak waktu pelunasan selama minimal 10 tahun, jarang sekali yang hanya 5 tahun. Bahkan ada yang memberikan jangak waktu hingga 20 tahun. Tentu saja hal ini akan meringankan beban finansial Anda, bukan? Jangka waktu yang Anda pilih berpengaruh pada besarnya suku bunga cicilan. Semakin lama Anda memiliki jangak waktu, maka semakin rendah suku bunga cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Waktu berjalan cepat dan hal tersebut tidak akan terasa begitu lama untuk Anda.

Sertifikat Rumah Aman di Bank

Berbeda jika Anda membeli rumah langsung melalui developer tanpa pihak bank sebagai perantara yang bertindak sebagai agen KPR. Ketika membeli rumah dengan sistem house loan ini, bank yang akan membayar secara tunai kepada pihak developer kemudian menyimpan sertifikat rumah baru Anda dengan aman. Selanjutnya, Anda hanya harus membayar cicilannya hingga lunas sampai waktu yang telah ditentukan. Jika Anda sudah melunasinya, maka sertifikat akan langsung bisa Anda miliki. Berbeda jika Anda membeli rumah dengan mencicil kepada pihak developer atau lainnya. Ada beberapa pihak developer yang membawa kabur uang nasabahnya sebelum mereka melunasinya. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Dengan adanya sistem KPR, kini Anda tak perlu menunggu lebih lama untuk bisa memiliki rumah impian. Untuk bisa membeli rumah dengan sistem ini, sebaiknya datangi bank terdekat dan tanyakan syarat-syaratnya.

Sharing is caring!

shares