5 Tips Jitu Merapikan Rumah dengan Cepat

Hampir setiap orang menghindar untuk membereskan atau merapikan rumah. Banyak sekali alasan yang dilontarkan untuk tidak merapikan rumah. Padahal, jika rumah yang merupakan tempat tinggal Anda bersih dan rapi, tentu seisi rumah akan merasa nyaman dan betah di dalam rumah. Apalagi, rumah yang bersih dan sehat juga akan memberikan lingkungan sehat yang juga berdampak pada kesehatan Anda. Banyak orang yang menunda untuk membersihkan rumah dan beralasan bahwa untuk merapikan rumah memerlukan waktu yang lama. Padahal, ada lima tips jitu yang harus Anda coba untuk membersihkan rumah dengan cepat dan kilat! Rumah bersih tanpa perlu menghabiskan banyak waktu. Simak tipsnya di bawah ini!

  1. Buat Rencana

Biasakan membuat rencana terlebih dahulu sebelum memulai segala sesuatu. Dengan perencanaan yang baik, maka pelaksanannya juga akan baik. Aturlah rencana pada hari apa Anda akan membereskan rumah, misalnya pada saat hari Sabtu membersihkan rumah secara keseluruhan. Lalu buat juga pekerjaan yang harus dilakukan setiap harinya. Biasakan bersihkan rumah secara rutin. Hal ini agar pekerjaan tidak menumpuk dan malah membuat Anda semakin merasa lelah. Setelah membuat rencana, Anda juga harus menaati setiap rencana yang telah Anda buat agar bisa terlaksana dengan baik.

  1. Panggil Bantuan

Jika Anda merasa tidak bisa membersihkan rumah seorang diri saja, panggillah bantuan! Ada berbagai macam penyedia jasa untuk membersihkan rumah yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Sejasa.com yang menyediakan jasa cleaning service. Tentunya, jika Anda menggunakan jasa bantuan yang sudah biasa melakukan pekerjaan tersebut, maka rumah Anda akan bersih sempurna dalam waktu yang singkat. Apalagi, jika ada tamu yang akan berkunjung dalam waktu dekat dan Anda tidak sempat untuk merapikan rumah. Maka, meminta bantuan tenaga ahli adalah salah satu solusinya!

  1. Kerja Sama Keluarga

Jika Anda memiliki keluarga, ajaklah pasangan dan bahkan juga anak-anak Anda untuk membantu membersihkan rumah. Jika sejak kecil anak sudah dibiasakan untuk menjaga kebersihan rumahnya, maka kebiasaan baik tersebut akan terbawa sampai besar. Selain itu, karena banyaknya jumlah orang yang bekerja, maka pasti akan jadi lebih cepat juga dalam membersihkan rumah. Setelah itu, Anda dan keluarga bisa bersantai bersama.

  1. Pembagian Tugas

Buatlah pembagian tugas yang jelas, misalnya siapa yang akan mengelap debu-debu, siapa yang akan menyapu dan siapa yang akan membersihkan kamar mandi. Ingat, bagilah pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka. Jangan berikan tugas yang berat kepada anak-anak. Berikan tugas yang ringan, misalnya merapikan mainan di kamar mereka. Hindari memberikan pekerjaan yang berisiko misalnya memotong rumput, membersihkan pajangan yang terbuat dari kaca, dan lain-lain. Pekerjaan seperti itu tentunya akan lebih aman jika dilakukan oleh orang dewasa.

  1. Istirahat yang Cukup

Jangan lupa untuk istirahat sebentar ketika banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan juga pekerjaan tersebut menumpuk. Setidaknya, pejamkan mata Anda sebentar kemudian lanjutkan pekerjaan itu lagi agar cepat selesai. Setelah selesai, Anda bisa beristirahat dengan waktu yang lebih panjang dan sekaligus bisa menghilangkan rasa capek Anda setelah mengerjakan berbagai tumpukan pekerjaan. Manjakan diri Anda dengan segelas teh manis hangat. Tidur yang cukup juga sangat diperlukan. Karena tidak hanya membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi rileks saja, tidur yang cukup juga membuat tubuh Anda keesokan harinya menjadi lebih segar.

Sharing is caring!

shares