Apa Rahasia Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Merasakan rasa sakit adalah hal yang paling banyak dikhawatirkan oleh kebanyakan Ibu hamil yang rata-rata mengharapkan dapat melahirkan normal tanpa rasa sakit, terlebih jika sudah muncul tanda – tanda mau melahirkan kurang dari 1 minggu. Meski demikian, membayangkan bagaimana proses melahirkan berjalan sudah menimbulkan perasaan yang tidak tenang ke dalam benak Ibu hamil. Padahal sesungguhnya ada beberapa cara yang dapat Ibunda lakukan untuk mencegah timbulnya rasa sakit ketika melahirkan. Berikut ini ada dua cara yang bisa membantu mengurangi timbulnya rasa sakit ketika tengah melahirkan.

Mengkonsumsi Obat Pereda Sakit atas Saran Dokter

Umumnya cara mudah untuk menghilangkan rasa sakit serta agar dapat secara lancar melakukan proses melahirkan normal tanpa rasa sakit adalah mengatasinya dengan mengkonsumsi obat tertentu yang khusus untuk meredakan rasa sakit. Tentu saat memutuskan hal ini, harus selalu diingat dan digarisbawahi bahwa obat-obatan yang dikonsumsi telah sesuai dengan petunjuk dokter dan dalam pantauan pihak rumah sakit. Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Beberapa obat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan adalah obat anestesi atau pereda rasa sakit. Biasanya obat akan digunakan ketika Ibunda memutuskan untuk melakukan operasi caesar.

Variasi jenis obat ini berbeda mulai dari obat bius lokal yang dapat bertahan beberapa saat utamanya selama proses menjahit luka operasi, lalu bius regional yang digunakan untuk meredakan rasa sakit saat operasi yang dapat bertahan hingga selama 20 menit. Meski demikian, rata-rata sebagian besar Ibu mengharapkan untuk melakukan operasi normal. Untuk itu, hal yang tidak bisa dihindari adalah dengan melakukan pengontrolan emosi serta melatih ketenangan diri selama operasi sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit. Cara melahirkan normal tanpa rasa sakit dapat dilakukan dengan metode persalinan dalam air atau dengan hypnobirthing yang akan dijelaskan berikut ini.

Persalinan Air dan Hypnobirthing

Salah satu metode yang terkenal adalah water birth atau persalinan dalam air. Tentunya Ibunda telah memikirkan matang-matang ketika memilih metode ini. Ibunda bisa mencari tahu beberapa rumah sakit yang menyediakan fasilitas melahirkan dengan metode ini. Selain itu ada pula teknik melahirkan normal tanpa rasa sakit yang dapat Ibunda lakukan dengan mudah selama melahirkan yakni dengan hypnobirthing. Sebuah teknik untuk menenangkan diri dengan turut melatih alur pernafasan secara teratur pula.

Sharing is caring!

shares