Deretan Makanan yang Mengandung Asam Amino Esensial Tinggi

Dalam tubuh manusia diperlukan banyak asupan atau zat baik untuk membuat pertahanan hidup, tidak kecuali asam amino esensialSebelumnya asam amino merupakan senyawa organik yang bergabung menjadi satu protein. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein pasti akan mengalami proses penguraian. Nah, hasil dari penguraian itulah yang disebut dengan asam amino dan akan ditinggalkan dalam tubuh untuk melakukan beragam fungsi. Bagi orang awam pasti tidak terlalu mengerti seperti apa kandungan dan fungsinya dalam tubuh.

Secara umum ada beberapa jenis asam amino yang bisa Anda kenali, mulai dari asam amino kondisional, asam amino non esensial dan yang esensial. Untuk jenis yang esensial sendiri dibutuhkan oleh tubuh manusia, dimana tubuh tidak bisa memproduksi secara alami atau sendiri. Sehingga untuk melengkapi hal itu Anda perlu memilih jenis makanan yang mengandung esensial agar kebutuhan dalam tubuh terpenuhi secara baik. Dengan begitu kondisi tubuh Anda akan lebih baik, lebih aman dan lebih sehat dari berbagai masalah kesehatan.

Perlu digarisbawahi jika adanya asam amino jenis esensial itu mempunyai beragam fungsi dalam tubuh. Makanya itu Anda harus memenuhi secara baik agar memberikan manfaat yang tepat pula bagi kesehatan Anda. Penasaran seperti apa saja manfaat tersebut, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Memperbaiki jaringan pada tubuh Anda.
  2. Membantu bagian pertumbuhan lebih normal.
  3. Menguraikan jenis makanan.
  4. Sebagai sumber energi yang diperlukan pada tubuh.

Seperti yang telah dikatakan diatas jika bagi orang awam pasti tidak terlalu memperhatikan apa makanan yang mengandung asam amino esensial ataupun jenis asam amino yang lainnya. Setelah mengetahui fungsi penting didalamnya, Anda bisa kenali beberapa jenis makanan yang dikatakan cukup tinggi kandungannya seperti:

  • Isoleusin.

Bila Anda ingin mendapatkan isoleusin dalam jumlah banyak, bisa coba untuk mengkonsumsi putih telur. Selain kandungan lemak yang tidak terlalu banyak, putih telur mempunyai kandungan isoleusin. Selain itu bisa juga jenis makanan lain seperti domba, kalkun, ayam, tuna dan masih banyak lainnya.

  • Lisin.

Siapa yang menyangka jika bagian dada ayam dan daging kalkun merupakan bahan makanan yang mengandung lisin cukup banyak. Meskipun sebenarnya ada jenis makanan lain seperti selada air, rumput laut sampai dengan jenis daun paterseli dengan kandungan lisin tinggi.

  • Leusin.

Tidak hanya mengandung lisin, ternyata dalam ikan tuna dan rumput laut mempunyai kandungan leusin yang bermanfaat baik untuk tubuh. Selain itu ada jenis makanan lain yang bisa Anda jadikan pilihan seperti putih telur, ayam sampai dengan jenis kedelai.

  • Valin.

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung valin, seperti misalnya saja telur. Dimana itu mempunyai manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari makanan lain seperti rumput laut, selada air, bayam sampai dengan jenis kalkun.

Diatas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak makanan sehat dengan kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi. Seperti telah dikatakan sebelumnya, jika ada fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk memperbanyak konsumsi makanan yang telah sebutkan diatas. Setelah semuanya tercukupi dengan baik, Anda bisa rasakan sendiri manfaat kesehatan bagi tubuh seperti apa. Untuk lebih detail dan lebih lanjutnya bisa langsung konsultasikan saja pada dokter kesehatan atau gizi. Sekian, semoga bermanfaat.

Sharing is caring!

shares