Hepatitis A adalah Penyakit Infeksi Virus, Pemicu Gagal Hati Akut!

Dibanding hepatitis B dan C, hepatitis A adalah penyakit yang lebih ringan dan penderitanya bisa sembuh total. Setelah sembuh, tubuh penderitanya pun akan kebal atas virus hepatitis A. Namun, walau tergolong penyakit yang lebih ringan, hepatitis A ternyata bisa memicu gagal hati, jika tak segera diobati. Pengobatan sedini mungkin, dapat melindungi Anda dari risiko penyakit kronis ini.

Mengenali Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A pada organ hati. Infeksi yang disebabkan oleh virus ini, lalu membuat hati mengalami peradangan. Dalam kondisi ini, sistem kerja hati jadi terganggu, terutama dalam hal menyaring darah. Makanya, saat seseorang menderita hepatitis A, tubuh dan bola matanya menguning, disebabkan karena tumpukan bilirubin.

Selain mata dan bola mata yang menguning karena hati tak bisa menyaring bilirubin dalam darah, hepatitis A pun juga memicu gejala lainnya. Penderita hepatitis akan merasakan nyeri di bagian perut atau abdomen, tempat organ hati berada. Warna urine berubah menjadi gelap dan feses berubah warnanya menjadi kuning pucat. Badan pun akan sering terasa lelah dan juga merasa mual.

Bagi Anda yang belum tahu, hepatitis A adalah penyakit yang bisa dengan mudah ditularkan dari penderitanya. Anda bisa tertular hepatitis A, jika terpapar darah atau cairan tubuh dari penderitanya. Makanya, kontak langsung dengan penderita hepatitis A, sangat tidak disarankan. Anda juga bisa tertular, jika kebetulan berbagi penggunaan barang pribadi dengan penderita penyakit hepatitis A.

Virus hepatitis A sendiri akan bisa dibasmi dengan sendirinya oleh sistem kekebalan tubuh. Agar hal itu bisa terjadi, tubuh harus diberi istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi agar kondisinya tetap fit. Obat yang diberikan dokter, akan meredakan gejala yang dirasakan. Jika sekiranya infeksi virus hepatitis A ini dibiarkan begitu saja, bisa berakhir dengan gagal hati akut.

Gagal Hati Akut, Penyakit yang Bisa Sebabkan Kematian

Gagal hati akut terjadi karena kerusakan pada hati sudah sangat luas. Berawal dari peradangan yang disebabkan oleh virus hepatitis A, lalu lama-kelamaan sel-sel di organ hati makin banyak yang mengalami kerusakan. Selain menunjukkan gejala yang mirip dengan hepatitis A, gagal hati akut juga ditandai dengan penumpukan cairan di perut dan pendarahan.

Walau dilakukan pengobatan, kerusakan pada hati yang sudah begitu parah, akan sangat mempengaruhi sistem kerjanya. Tak hanya fisik saja yang terganggu, namun juga mental penderitanya. Gagal hati membuat kadar amonia meningkat dalam darah, yang turut dibawa ke otak. Jalan terbaik untuk mengobatinya adalah dengan melakukan transplantasi hati.

Jangan anggap sepele hepatitis A, karena dianggap lebih ringan tak lebih berbahaya dari penyakit hepatitis lainnya. Hepatitis A adalah penyakit yang dapat memicu kerusakan hati yang lebih parah, jika tak segera diobati. Akibatnya, penderita hepatitis A pun bisa berakhir dengan penyakit gagal hati akut, yang hanya bisa disembuhkan dengan cara transplantasi hati.

Sharing is caring!

shares