Jangan Mengaku Cat Lovers, Sebelum Lakukan 5 Cara Peduli Kesehatan Kucing

Anda cat lovers? Berapa banyak kucing peliharaan Anda? Sebagai pecinta kucing sekaligus pemilik kucing, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah kesehatan kucing, di mana merupakan aspek yang harus diutamakan. Apakah Anda sudah memperhatikannya? Jika belum, maka jangan dulu menganggap sebagai cat lovers sejati. Akan tetapi, jika ingin menjadi pecinta kucing yang sebenarnya, maka mulailah untuk memperhatikan kesehatan binatang imut tersebut dari berbagai segi.

Menjaga kesehatan hewan kesayangan atau hewan peliharaan harus disertai dengan rasa cinta dan totalitas. Perpaduan dari kedua hal tersebut dapat memberikan perhatian lebih optimal dalam proses menjaga kesehatan kucing Anda. Mood kucing juga akan terjaga apabila kondisi tubuhnya bugar. Sebagai pemiliknya, tentu Anda senang dengan keadaan tersebut, bukan? Untuk itu, buktikan rasa cinta Anda sebagai cat lovers sejati dengan melakukan 5 cara peduli kesehatan kucing berikut ini.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Tak hanya manusia saja, hewan juga membutuhkan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk itu, keperluan nutrisi wajib dipenuhi. Apakah selama ini Anda sudah memenuhi semua nutrisi untuk si kucing? Pada dasarnya, kucing sangat suka makan ikan. Dari segi kandungan gizinya, ikan mempunyai protein dan vitamin tinggi, sehingga sangat cocok sebagai makanan kucing. Pertumbuhan dan perkembangan kucing menjadi lebih optimal dan daya tahan tubuhnya terjaga.

Berilah ikan yang sudah digoreng agar menghilangkan enzim thiaminase (penghancur vitamin B) pada ikan mentah. Anda dapat memberikan ikan tengiri, lele, atau ikan lainnya, kemudian campurkan dengan nasi yang mengandung karbohidrat dan vitamin B. Untuk minumnya, berilah air putih tawar setelah makan dan berikan susu apabila kucing Anda menyukainya. Bagi kucing Persia atau Anggora, Anda dapat memberinya makanan khusus kucing (cat food) yang sudah mengandung nutrisi lengkap.

Tak hanya makanan pokok dan minuman saja, kucing juga bisa diberi biskuit. Saat ini, Anda sudah bisa membelinya di toko makanan hewan dengan beragam produknya yang tentunya sudah terjamin kualitas gizi dan keamanannya.

  1. Menyediakan Tempat Tidur yang Memadai

Selain kebutuhan makan, kucing juga membutuhkan tempat untuk tidur. Pastikan Anda memberikan kenyamanan pada kucing dengan menyediakan tempat tidur yang bersih, hangat, dan aman. Berikan selimut yang hangat agar kucing tidak kedinginan saat malam hari. Usahakan juga agar tempat tidur yang disediakan mempunyai ruang yang cukup, sehingga si kucing leluasa untuk bergerak.

  1. Memandikan Kucing dan Memberikan Vaksin

Agar kucing tetap sehat dan terhindar dari debu dan kotoran, mandikan kucing secara rutin. berikan sabun khusus yang dapat diperoleh dari pet shop. Setelah mandi, keringkan bulunya dengan hair dryer agar kucing tidak kedinginan. Jika Anda belum terbiasa untuk memandikannya, jasa spa kucing dapat menjadi alternatif pilihannya.

Pemberian vaksin kucing juga terbilang penting, di mana dapat menghindarkan kucing dari berbagai kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Dengan pemberian vaksin tersebut, kucing kesayangan Anda akan lebih prima. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan atau pemerhati kesehatan hewan agar tepat dalam memberikan vaksin.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain kebersihan tubuh kucing, kebersihan lingkungan sekitar juga harus dijaga kebersihannya. Upayakan untuk membersihkan setiap sisi rumah Anda dan tempat tinggal kucing secara berkala. Jemurlah alas tidur beserta selimut kucing agar tidak lembab, sehingga tidak menjadi sarang tumbuh kembang jamur dan bakteri lain penyebab penyakit. Sediakan juga pasir dalam suatu wadah sebagai tempat bagi kucing untuk buang air besar dan kecil. Jangan lupa untuk membuang kotorannya dan jemurlah pasirnya secara rutin.

  1. Mengajak Kucing Bermain Bersama

Di samping melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan jasmani si kucing, Anda juga harus memperhatikan kesehatan rohaninya. Jangan salah, kucing juga merupakan makhluk yang berperasaan. Jadi, gunakan waktu Anda untuk mengajak kucing bermain bersama, seperti memberikannya mainan, mengajaknya kejar-kejaran, atau jalan-jalan. Kegiatan tersebut dapat membuat kucing merasa santai dan bahagia. Dirinya merasa aman dan nyaman berada di samping Anda.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan kucing. Keseluruhan cara tersebut merupakan beberapa cara agar kucing tetap sehat dan prima, baik secara jasmani, maupun rohani. Kucing yang sehat akan mampu melakukan beragam aktivitas dengan baik, senang, dan rileks pastinya. Ayo, sayangi binatang imut kesayangan Anda dan jadilah cat lovers yang sejati!

Sharing is caring!

shares