Jenis-Jenis Kambing Qurban yang Sering Digunakan

Kambing qurban menjadi pilihan untuk Anda yang ingin melakukan qurban dan belum memiliki biaya yang cukup untuk membeli sapi qurban. Anda dapat membeli kambing yang bobotnya sesuai dengan harga yang Anda sanggupi. Berikut ini jenis-jenis kambing yang bisa Anda pilih dalam pelaksanaan qurban.

  1. Kambing Kacang

Jenis kambing kacang merupakan kambing dengan ras yang unggul sebagai kambing pertama kali yang dikembangkan di Indonesia. Kambing ini memiliki bentuk badan yang berukuran kecil. Kambing jenis ini memiliki tinggi gumba pada kambing jantan 60 cm hingga 65 cm. Ukuran tinggi gumba pada kambing betina 56 cm.

Ada pun kambing dengan jenis ini memiliki bobot yang bisa mencapai hingga 25 Kg dan kambing betina memiliki berat 20 Kg. Bentuk telinga kambing ini tegak, memiliki rambut yang lurus dan pendek. Kambing ini juga memiliki tanduk pendek pada kambing betina maupun kambing jantan.

  1. Kambing Etawa

Jenis kambing etawa bisa dengan mudah Anda bedakan karena kambing ini memiliki tubuh yang berukuran tinggi dan besar. Kambing etawa ini memiliki bentuk telinga yang berukuran panjang dan terkulai ke bawah. Bagian dahi dan hidung kambing berbentuk cembung baik pada kambing etawa jantan maupun pada kambing etawa betina yang memiliki tanduk pendek.

Kambing etawa memiliki bobot mencapai 130 kilogram pada kambing jantan dan pada kambing betina hanya mencapai 65 kilogram. Kambing ini perlu Anda ketahui memiliki kemampuan menghasilkan susu sampai dengan tiga liter per hari.

Kambing jantan bisa digunakan kurban

  1. Kambing Peranakan Etawa

Jenis kambing ini merupakan hasil dari persilangan kambing jenis etawa dengan kambing lokal. Ukuran kambing peranakan etawa hampir sama dengan kambing etawa dan memiliki kelebihan  lebih adaptif terhadap lingkungan lokal yang ada di Indonesia.

Kambing hasil persilangan ini memiliki bentuk muka yang berukuran cembung. Memiliki telinga yang berukuran panjang dan memiliki gelambir. Kambing peranakan etawa memiliki postur tubuh yang tinggi sehinga akan membuat Anda tertarik untuk membelinya.

Selain kambing ini, Anda juga dapat memiliki kambing jenis kambing jawarandu. Kambing ini adalah hasil persilangan kambing jenis etawa dengan kambing jenis kacang. Jenis kambing ini memiliki ciri-ciri yang sebagian menyerupai kambing etawa atau pun kambing kacang.

  1. Kambing Saenen

Jika Anda melihat pilihan kambing yang tidak memiliki tanduk maka kambing ini merupakan jenis kambing saenen. Kambing ini tidak memiliki tanduk pada kambing jantan atau pun betina. Kambing ini memiliki warna rambut putih atau pun berwarna krem yang pucat.

Pada bagian hidung dan telinganya  kambing ini berwarna belang hitam. Kambing ini memiliki ukuran dahi yang lebar dan telinga kambing saenen memiliki berukuran sedang dan tegak. Kambing jenis ini juga dikenal sebagai kambing penghasil susu. Kambing ini terkadang memiliki harga yang lebih mahal.

  1. Kambing Muara

Jenis kambing muara yang memiliki penampakan yang gagah dengan tubuh kompak dan sebaran warna bulu antara bulu cokelat kemerahan. Ada juga yang berwarna putih dan berwarna hitam. Bobot kambing ini lebih besar daripada bobot kambing kacang.

Kambing qurban ini dapat Anda pilih sesuai yang tersedia di pasar hewan, peternak, atau pun secara online. Paling penting Anda harus memilih sesuai dengan syarat sah kambing sebagai hewan qurban. Mulai dari usia kambing, kondisi fisik, dan status kesehatannya. Lakukan pembelian kambing secepat mungkin agar Anda bisa mendapatkan kambing terbaik dan sehat.

Sharing is caring!

shares