Perlukah Susu Formula Ketika Anak Sudah Bisa Makan Makanan Padat?

Setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi tentu memerlukan perhatian. Anda harus memastikan setiap periode tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Kebutuhan nutrisinya juga harus terpenuhi di periode emasnya. Setelah bayi mulai bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI, Anda bisa memberikannya makanan padat khusus untuk bayi. Akan tetapi, kasus susah makan pada balita seringkali terjadi.

Pertanyaannya, perlukah susu formula ketika anak sudah bisa makan makanan padat? Jawabannya, perlu apalagi jika anak mengalami masalah dengan makannya. Selain untuk memudahkan konsumsi bagi balita yang susah makan, pemberian susu formula sebenarnya masih diperlukan oleh bayi dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Kandungan mineral dan protein yang terdapat dalam susu formula khusus bayi sangat berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi pemberian susu sebagai upaya pemenuhan menu seimbang balita. So, sebenarnya apa sih kegunaan susu formula sehingga ia perlu diberikan bahkan untuk bayi yang sudah bisa makan makanan padat? Simak jawabannya!

  1. Merangsang Perkembangan Otak

Susu formula bayi mengandung DHA, EPA, dan kandungan omega 3 dan 6, yang baik untuk perkembangan otak bayi. Zat-zat tersebut bisa membantu sel-sel otak untuk saling berhubungan membentuk jaringan hingga sistem syaraf secara optimal, sehingga bisa meningkatkan kecerdasan otak.

  1. Merangsang Perkembangan Mata Anak

Susu formula juga mampu merangsang perkembangan mata anak dengan kandungan AHA yang berpotensi mendukung perkembangan syaraf mata pada anak. Dengan pengoptimalan nutrisi ini, maka mata bayi akan berfungsi dengan baik sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Kualitas mata menjadi lebih baik.

  1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Tulang dan Gigi

Berikutnya, kandungan mineral berupa kalsium dan fosfor pada susu formula bayi akan mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi. Vitamin D yang juga terkandung di dalamnya ikut berpotensi meningkatkan tumbuh kembang tulang dan gigi. Sistem tulang bayi akan kokoh dan kuat, sehingga sistem geraknya juga berkembang optimal. Gigi menjadi cepat tumbuh secara kokoh dan kuat pada waktunya.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan FOS dan GOS pada susu formula lagi-lagi berfungsi baik untuk tubuh si kecil, yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan pada bayi. Kandungan bakteri baik yang terkandung dalam FOS dan GOS dapat menjaga agar sistem pencernaan tetap dalam kondisi baik dengan perlawanan terhadap bakteri jahat. Pertumbuhan dan perkembangan organ dapat optimal, sehingga membentuk sistem organ pencernaan dengan kinerja yang sesuai.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangat diperlukan bagi bayi dalam bertahan dari gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan oleh beragam faktor. Sistem kekebalan tubuh ini bisa dibentuk secara optimal dengan mengonsumsi susu formula. Peningkatan kemampuan sistem imunitas akan terjadi apabila rutin memberikan susu formula untuk si kecil. Meskipun demikian, berikan secukupnya saja dan jangan berlebihan.

  1. Mempertebal Rambut

Rambut bayi akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapnya. Dengan bantuan omega 3 dan omega 6, pertumbuhan rambut menjadi lebih optimal, sehingga bisa tumbuh dengan baik sesuai waktunya. Bahkan, rambut indah yang lebat dan hitam akan dihasilkan berkat dukungan asupan nutrisi yang baik dari susu formula.

Beberapa poin di atas tidak semuanya bisa didapatkan melalui makanan padat. Jelas bahwa  segenap khasiat susu formula yang sudah dijelaskan tersebut semakin mendukung perlunya susu formula sebagai menu seimbang balita. Selain mempermudah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, susu formula membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada kasus susah makan pada balita.

Sharing is caring!

shares