Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Haid

Tanda tanda kehamilan sebelum haid sebenarnya sudah bisa dirasakan oleh para calon ibu, namun mungkin bagi sebagian besar wanita, terutama bagi wanita yang baru mengandung anak pertama mungkin masih belum menyadari apa saja tanda-tanda dan perubahan yang terjadi pada diri mereka baik secara fisik maupun psikologis. Bila Anda saat ini masih ragu dan bingung akan keadaan Anda, maka sebelum membeli test pack untuk hasil yang lebih akurat, ada baiknya bila Anda meluangkan waktu sejenak untuk membaca uraian dibawah ini.

6 Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Haid

Sebenarnya selain diri Anda sendiri tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui perubahan yang terjadi pada diri Anda pada masa awal kehamilan, karena pada umumnya mereka baru akan mengetahuinya pada saat melihat keadaan perut Anda yang sudah membesar, Oleh karena itu agar Anda tidak lagi penasaran dengan perubahan yang terjadi pada diri Anda belakangan ini, berikut ini kami berikan uraian singkat mengenai 6 tanda tanda kehamilan sebelum haid yang paling umum dialami oleh wanita, yaitu :

  • Terasa mual-mual terutama pada pagi hari (morning sickness)

Perubahan hormon progeteron dan estrogen pada tubuh menyebabkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh agak berjalan lambat, sehingga sering kali Anda akan merasa mual-mual, dan tanda-tanda paling khas yang terjadi pada wanita hamil adalah mual-mual pada pagi hari. Namun ada kalanya juga Anda akan merasa mual karena mencium bau atau mengkonsusi makanan jenis tertentu.

  • Payudara menjadi lebih sensitive dan lebih besar

Pada awal dua-tiga minggu setelah proses pembuahan, maka perubahan hormon akan membuat payudara Anda menjadi lebih sensitive terhadap sentuhan, hal ini sebenarnya mirip dengan gejala pada saat akan haid, namun selain sensitive, payudara Anda juga akan terasa lebih besar atau berat dari bisanya, bila Anda mengalami ini, maka hal tersebut merupakan salah satu dari tanda tanda kehamilan sebelum haid dan ini akan terus Anda rasakan selama masa kehamilan.

  • Mudah lelah dan mengantuk

Peningkatan produki hormon progesterone pada masa awal kehamilan membuat Anda akan mudah meraa lelah dan mengantuk. Bahkan terkadang Anda akan merasa sangat mengantuk pada pagi hari (sekitar pukul 9.00-10.00.)

  • Menjadi sensitive pada beberapa jenis bau (ngidam)

Hormon estrogen yang meningkat kadarnya membuat Anda akan menjadi sangat sensitive terhadap beberapa jenis bau tertentu, seperti parfum, masakan, ataupun bau yang dulunya sangat Anda sukai.

  • Keadaan emosi yang berubah-ubah

Perubahan emosi (mood) sangat mudah berubah-ubah, Anda bisa saja pada suatu waktu Anda akan merasa sangat bahagia, tapi bisa tiba-tiba merasa sedih dan menangis karena sesuatu hal yang tidak jelas. Anda bisa jadi sangat emosional (cengeng) dan pada momen lain Anda nampak sangat senang. Hal ini terjadi karena jumlah hormon yang meningkat pada awal kehamilan.

  • Kepala terasa pusing

Pada awal kehamilan pembuluh darah akan membesar dan tekanan darah akan mengalami penurunan, hal ini akan membuat Anda seperti sedang berada di perahu yang terkadang oleng karena ombak. Selain itu kepala yang pusing juga bisa jadi karena kadar gula yang rendah.

Semoga informasi singkat diatas dapat membuat Anda mengenali tanda tanda kehamilan sebelum haid

Sharing is caring!

shares