Tips Menjaga Kebersihan Miss-V Wanita agar Tetap Sehat

Vagina alat vital yang perlu dijaga kebersihannya agar Anda tidak mengalami masalah dan tidak berisiko mengalami penyakit. Anda bisa mencari sendiri bagaimana bentuk gambar vagina  yang sudah terkena penyakit. Jadi, terapkanlah tips menjaga kebersihan vagina berikut ini agar tetap sehat.

  1. Mencuci dengan Benar

Tips yang paling utama adalah mencuci bagian vagina dengan benar. Gunakan sabun atau gel dan antiseptik yang pH-nya aman untuk vagina. Anda bisa melihat di bagian kemasan ada keterangan pH sebelum membeli dan menggunakannya.

  1. Keringkan Vagina setelah Buang Air

Vagina perlu dijaga agar tidak berada dalam kondisi yang lembap dengan mengeringkan vagina setelah buang air kecil. Anda basuh vagina dari arah depan ke belakang, lalu keringkanlah dengan menggunakan handuk agar tidak terjadi kondisi yang lembap.

Cara mengeringkannya dengan menepuk-nepukkan handuk di bagian vagina secara perlahan. Selain handuk bisa juga menggunakan tisu yang lembut untuk mengeringkan vagina. Tisu yang lembut tidak akan menyebabkan terjadinya iritasi di are vagina Anda.

  1. Celana dalam yang Menyerap

Tips merawat vagina berikutnya dengan menggunakan celana dalam yang menyerap. Tujuannya agar tidak terjadi masalah kelembapan pada area vagina yang dapat menjadi masalah. Anda sebaiknya menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun karena sirkulasi udaranya bagus dan menyerap kelembapan.

  1. Perawatan Preventif

Tips merawat vagina lebih aman lagi dengan melakukan perawatan preventif dengan pemeriksaan atau melakukan tes ginekologi. Tips ini akan membantu Anda untuk mendiagnosis penyakit atau gangguan yang berisiko pada vagina. Anda juga bisa melihat gambar vagina yang dimiliki untuk mengetahui lebih jelas kondisinya. 5. Melumasi vagina

  1. Penggunaan Pembalut

Normalnya wanita akan mengalami menstruasi sekali satu bulan dan cara menjaga kebersihan wanita dengan penggunaan pembalut yang dijaga. Anda perlu mengganti pembalut secara rutin agar tidak terjadi masalah gatal di area vagina. Pilihlah pembalut yang selalu kering tanpa membuat Anda merasa gatal. Gantilah setiap 6 jam sekali atau saat sudah mulai penuh.

  1. Kebersihan Pakaian Dalam

 Tips berikutnya dalam menjaga kebersihan vagina adalah menjaga kebersihan pakaian dalam. Anda sebaiknya menggunakan sabun yang tanpa kandungan detergen untuk membersihkan pakaian dalam. Setelah itu bilas sampai bersih tanpa meninggalkan sisa sabun agar tidak memicu masalah pada bagian vagina.

Pastikan pakaian dalam Anda kering dengan maksimal agar tidak digunakan dalam kondisi yang lembap. Anda juga sebaiknya mencuci pakaian dalam terpisah dengan pakaian lainnya agar tidak mencegah terkena kotoran dari pakaian lain.

Kebersihan vagina ini perlu dijaga secara baik jika Anda tidak ingin mendapatkan masalah kesehatan. Kelalaian dalam menjaga vagina akan berisiko buruk dalam jangka panjang. Anda bisa melihat informasi vagina atau pun gambar vagina di Magazine Orami yang menyediakan berbagai informasi kesehatan. Anda bisa langsung mengunjungi orami.co.id.

Sharing is caring!

shares