Yuk Pahami Konsep Tolong-menolong dalam Asuransi Syariah

Asuransi syariah beberapa tahun terakhir semakin diminati masyarakat. Allisya Protection Plus dari Allianz salah satunya. Beberapa konsep yang diterapkan dalam asuransi jenis ini dipastikan berbasis syariah karena mengandung maslahat untuk umat. Salah satunya adalah konsep saling tolong-menolong. Berikut ini sedikit ulasannya.

Saling Melindungi Antar Nasabah

Konsep yang digunakan oleh asuransi berbasis syariah seperti Allisya Protection Plus adalah semua dan aset merupakan milik para peserta seutuhnya. Pihak pengelola tidak memiliki hak dari dana tabarru’ atau premi yang dibayarkan kecuali sebesar biaya administrasi yang telah diterapkan di awal.

Selanjutnya pihak pengelola akan menampung dana premi dari tiap-tiap nasabah dan menyerahkan dana hibah tersebut jika ada salah satu nasabah yang mengalami kesulitan. Tidak seperti asuransi konvensional yang terkesan egois dan menguntungkan pihak pengelola, di asuransi berbasis syariah Anda dapat otomatis membantu sesama nasabah yang sedang kesulitan.

Asuransi Syariah menerapkan konsep risk sharing sehingga risiko musibah atau kemalangan yang dialami para nasabah ditanggung bersama-sama. Hal ini menyebabkan pihak pengelola tidak bisa lepas tangan begitu saja melainkan harus ikut menanggung risiko dan memberikan pengelolaan dana hibah dari nasabah kepada nasabah lain yang mendapat musibah.

Lebih Transparan dalam Pengelolaan Dana

Selain itu, dalam Asuransi Syariah seperti Allisya Protection Plus pengelolaan dana yang dilakukan pihak pengelola lebih transparan. Menggunakan persetujuan yang jelas di awal mengenai rincian biaya premi termasuk dana tabarru, biaya administrasi dan nilai investasi menjadikan asuransi berbasis syariah seperti ini lebih terpercaya.

Misalnya saja di Allisya Protection Plus, Anda dapat melihat laporan keuangan dari pihak pengelola yang diterbitkan melalui website resmi setiap bulannya. Perkembangan nilai investasi yang Anda dapatkan juga bisa terus Anda pantau melalui laporan investasi yang diberikan pihak pengelola setiap harinya.

Asuransi Jiwa dan Investasi berbasis syariah ini tidak mengenal dana hangus karena konsep yang digunakan berupa titipan. Jadi, jika Anda tidak mampu membayar premi dan berhenti mengikuti asuransi sebelum masa asuransi selesai Anda tetap bisa mendapatkan uang Anda kembali. Anda juga bisa mengambil nilai investasi yang telah diperoleh selama menjadi nasabah.

Itulah sedikit ulasan mengenai konsep dalam asuransi berbasis syariah milik Allianz, Allisya Protection Plus. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjadi nasabah prosuk unggulan dari Allianz Syariah ini. Allisya Protection Plus akan memeberikan perlindungan menyeluruh bagi Anda dan keluarga.

Pada bulan Ramadan yang lalu, Allianz Syariah yang merupakan asuransi jiwa dan investasi berbasis syariah terkemuka di Indonesia telah mengadakan lomba penulisan kisah-kisah inspiratif dari orang-orang yang layak mendapatkan hadiah umroh ke tanah suci.

Sudah ada 25 kisah terbaik yang terpilih dari sekian ratus naskah masuk. Anda bisa membaca dan memberikan suara pada kisah paling menggugah melalui https://kadoumroh.allianz.co.id/registration?s=BlogKontes. Segera kunjungi dan wujudkan impian mereka menginjakkan kaki di tanah suci.

Sharing is caring!

shares